Nov 152018
 
Facebooktwittergoogle_plusmail

Saat hamil, Keluar bercak Flek darah merah atau coklat kadang terjadi. walaupun memang banyak ibu hamil yang mengalaminya, hendaknya kita mengetahui, kapan sebaiknya diperiksakan.

.

Jenis Flek darah coklat yang bagaimana yang perlu diperiksakan ke dokter..? dr Ali Sungkar, SpOG dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo menjawabnya untuk Anda.

.
Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda tidak selalu berhubungan dengan aktivitas fisik. Keluar darah flek pada trimester awal bukanlah suatu hal yang wajar. Walau hal ini sering terjadi pada iBu hamil, namun tentu saja ini berbahaya jika Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda terus berlangsung dan terjadi perdarahan yang bisa menyebabkan keguguran.
.
Perlu diketahui, flek merah adalah perdarahan ringan (spotting), jumlah darah yang keluar sedikit, bercak darah dari Miss V berwarna merah atau cokelat dan tidak sampai mengotori pakaian dalam. Sedangkan perdarahan jumlahnya lebih banyak daripada flek dan mengotori pakaian dalam. Ini jelas lebih serius daripada flek coklat. Perdarahan terjadi, jika ada bagian implantasi yang lepas dan tidak terjadi koagulasi (proses tubuh menghentikan atau menutup perdarahan yang terjadi pada hasil konsepsi).
.
Penyebab Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda
.
Banyak faktor penyebab Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda , antara lain implantasi yang tak sempurna, ketidakseimbangan hormon, hasil konsepsi yang tak sempurna, kelainan kromosom dengan respon tubuh yang mengeluarkan flek, kelainan darah dan lain sebagainya.
Solusinya adalah periksakan ke dokter, di mana akan dicari penyebab dan tata laksananya disesuaikan dengan penyebabnya.
.
Pada hamil muda 9 minggu seharusnya sudah didapatkan hasil konsepsi. Nah, harus dipastikan apakah adanya perdarahan di belakang tempat implantasi dari hasil konsepsi tersebut berbahaya dan dapat mengakibatkan keguguran atau tidak.
.
Waspada Jika Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda Terus Berlanjut
.
Walau tidak semua Bu hamil mengalami flek di tiga trimester, namun perlu waspada jika terjadi sepanjang masa hamil . Munculnya flek bergantung pada jenis kelainannya. Apabila penyebabnya karena plasenta previa – keadaan plasenta yang implantasinya (penempelennya) tidak pada tempat yang seharusnya yaitu di bagian atas rahim dan menjauhi jalan lahir-dan kelainan darah maka flek dapat berlanjut terus. Cara mendeteksi keadaan tersebut adalah dengan USG.
.
Saatnya Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda Periksa ke Dokter secepatnya Jika…
– Terjadi perdarahan dalam jumlah banyak atau nyeri perut dan kontraksi yang hebat.
– Keluar flek atau perdarahan yang sudah berlangsung lebih dari 24 jam.
– Pingsan atau merasa sangat pusing dan lemas.
– Perdarahan disertai demam di atas 38 derajat Celsius.
.
.
.
(Visited 139,452 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusmail

  43 Responses to “Keluar Flek Bercak Darah Coklat saat Hamil Muda ? ini Penyebab nya…”

  1. pagi dok mau tanya saya hamil 4 minggu klo menurut usg sempet tidak terlihat usg , pas melalui vagina terlihat ada titik kata nya dr ini baru 4 minggu, nah saya di kasih vit dan penguat kandungan, karena saya batuk terus serta sesak karena batuk saya di kasih obat sama dr nya, habis itu 5 hari kemudian saya keluar flek coklat tp tidak bgt banyak (sedikit) dan pas keluar tidak sakit perut nya,setelah saya istirahat besok pagi nya tidak ada lagi smp saat ini jam 10 pagi ini sih tidak keluar lagi, saya belum periksa lagi , kira2 bahaya gak yah dok.. makasih

  2. Siang dok terakhir mens saya tgl. 11 februari, saya tespek prtma tgl. 12 maret garis 2 krg jls, tespek kedua tgl. 14 maret jls walau msh samar, tespek ketiga tgl. 16 maret jls msh samar dan tgl. 19 nya Saya usg, saya berpikir usia kandungan saya kira kira 4 minggu, trnyata pas di usg, uk nya hny sebatas biji kcg hijau, saya berpikir apkh saya hamil di luar kndungan, tiga hr kemudian saya tespek hsil nya ttp positif, dan tgl. 28 saya balik lg ke rs utk usg kmbli dan hasilnya baik janin saya baik tp kira kira usianya 4 minggu, saya bingung knp kandungan saya msh 4 minggu, apkh saya slh perhitungan mens terakhir ataukah mmg bnr janin saya usia 4 minggu? Keluhan saya 3 x keluar lendir kecoklatan dan pink muda, apakah itu berbahaya untuk janin saya, krn saya sangat menginginkan buah hati sya yg ketiga ini sehat dan selamat, apakah pengaruh dgn umur saya yg sdh 35 tahun ataukah pengaruh krn sebelum nya saya keguguran! Terimakasih

  3. Dok saya hamil 9minggu,sudah 2hari keluar darah seperti haid(merah segar) tp saya tdk merasakan pusing atau nyeri perut,dr awal tespek smpe skg pun sy tdk merasakan mual atau pusing sdkitpun,apakah kandungan sy tdk apa2 dok

  4. Dok saya amelia baru 7 minggu khamilan..tapi ko saya sdh 2 hari sprti mens tp tdk aktif cuma smp mngotori clna itu keguguran ato tidak

  5. Dok sy mau tanya sy hamil 7 minggu tapi 3 hari ini ada keluar cairan flek warna cokelat apa itu berbahaya?

  6. 2 minggu yg lalu saya mengalami nyeri yg sangat luar biasa sprti mau melahirkan di usia kehamilan 2,5 bln, nyeri itu berlangsung slm 12 jam…
    Stlh itu sy sering mengeluarkan lendir coklat, dan bbrp hari ini sy sering mengeluarkan flek coklat bercampur darah, kadang sy mengeluarkan keputihan yg berlebihan dan baunya sangat tidak enak sekali, sprti bau bangke…
    Apkh kandungan sy di usian 3 bln in ada mslh….
    Apkh anak dlm janin sy tdk apa”….
    Trmksh

  7. Dok, saya hamil 7minggu, tpi skrg saya keluar flek kecoklatan hgg mengotori celana dalam, itu bahaya apa tdk dok, mohon bantuannya?

  8. Dok saya hamil hampir 3 bln sekarang saya mengeluarkn plk 4x dlm 1minggu dn sekarang brganti sedikit kotoran darah tapi semua itu tidak ada rasa sakit itu gimana ya dok

  9. Dok saya hamil hampir 3 bln sekarang saya mengeluarkn plk 4x dlm 1minggu dn sekarang brganti sedikit kotoran darah tapi semua itu tidak ada rasa sakit itu gimana ya dok

  10. Mlm dok,zaya mau tanya saya Hamil 9mi ggu tp msh ngeluari. Flek sedikit2 kira2 bahaya g y din

  11. Maav bun . Minggu ini saya di nyatakan hamil gatau jelas usia kandungan saya berapa .
    Tapi dua hari yg lalu saya mengalami flek . Trus esok pagi nya keluar darah bersama gumpalan darah gtu . Sampai dua hari .
    Dan nyeri perut ..
    Kram gtu . Pas di urut kata nya udah lembek perut nya itu gmna yah bun . Tlong penjelasan nya soalnya anak pertama

  12. Saya hamil 6minggu lbh…
    Tapi saya takut…
    Knapa ya di miss v saya keluar flek hitam…
    Ampe ke celana dalam…
    Jd khawatir…
    Apa tuh bahaya apa gmna????
    Minta solusi ya dong

  13. Dok saya mau tanya tadi waktu cw keluar darah lumayan banyak dan ada gumpalan kecil juga keluar,apakah saya keguguran

  14. Mlm dok, sy hamil 6 minggu kluar plek berwarna coklat, apa itu bahaya dok? Tolong jelaskan, dok? TERIMAKASIH

  15. Dok saya msh hamil muda tapi keluar sedikit flek bewarna coklat keluarnya sedikit sedikit saya takut itu bahaya tidak dok mohon penjelasanya

  16. Dok saya mau tanya,sya mngandung umr kndungan saya 8 minggu tpi keluar flek wrna kecoklatan,.bhya gk dok untuk janin yg saya kndung¿???

  17. Dok saya mau tanya,saya hamil muda umur kandungan saya 8 minggu tpi kluar flek wrna kecoklatan tpi tidak sampai mengotori celaman dalam sya,.bahaya gak ya untuk janin yg saya kandung???

  18. Malam dok,mau tax saya bru hamil usia 1w..
    Hari ini saya kluar flek coklat brair gitu..
    Fleknya kluar klo saya bax gerak.
    Tapi klo saya bedrest flek nya ga ada lagi dok..
    Apa itu bahaya ?

  19. Dok sya hamil 7minggu saat ini sya mengalami flek coklat perut nyeri gag mual jarang makan jga mau…berbahayakah flek sma nyeri perut dok??

  20. Dok saya dh 4 hari keluar drah seperti had,,, itungan dokter sya. Udah hamil 6 minggu,,, pas saya priksa lg kedokter kandungan ,,, di usg gk da tanda kehamilan,,, saya bingung dok bnar hamil pa gk,, takutnya di perut saya da maslah

  21. Dok saya hamil 4bln terkadang keluar darah wrn coklat apakh ini bahaya buat janin ma rahim saya.mohon penjelasanx.terima kasih

  22. Dok sya mau tanya apakah kandungan sya bisa di selamatkan sya skrg hml 7 minggu keluar plek coklat di pkaian dlm agak bnyk 2 kli senin dan jumat,, pertama sya usg hri selasa hsl’a bagus trs sya usg hri sabtu ke dokter kandungan terlihat nampak jls kantong’a sudah agk bsr tp ko tiba” srh di kiret y karna di blng sudah tdk beraturan,,, gmn y menurut dokter sedikit janggal dok.. mksh tlng info’a

  23. Pgi dokter,sy hmil 8minggu 2hari.kemarin tiba2 keluar bercak coklat bahaya g dok?

  24. dok q mw tanya

  25. saya hamil dah jalan 4bln tp td ke luar flek kecokelat apakah bahaya bt kandungan mohon penjelasan, nya dok

  26. saya hamil 7w tp 5d belakangan ini keluar flek darah
    mohon penjelasannua dok

  27. dok,,seminggu yg lalu saya tespek hasil tespek saya 3x samar pas diperiksa di usg blm kelihatan apa” karna baru telat 1 minggu tp hari ini keluar darah dan darah kental seperti haid tp cuma dlm 1 hr .hari ke 2 msh ada flek kecoklatan ,minta penjelasan nya ya dok

    • Sya mau tanya saya hamil 7 pinggang saya pegal” pagi”nya waktu pipis dibaginya saya merasa gma dua colok pake tangan ternyata keluar bercak darah kecoklatan apa saya keguguran/ gmna emang si sya nyuci dll.

  28. saya hmil 13minggu,sdah 5 hri uni mengeluarkan flek coklat tdk smpai mengotori clana…..apa ini jf di blg berbahaya/keguguran DOK…./trima ksih

  29. Dok saya kan sdang hamil 9 minggu trus udah 3 kali sya mengeluarkan bercak darah,warnanya merah kecoklayan tp keluarnya sampe mengotori celana dalam ap itu bahaya?mohon penjelasanya dok

  30. Dok saya sedang hamil 9mgg,sudah 4 hari ini saya mngeluarkan flek kecoklatan,,apa itu pertanda bahaya ya dok ?

  31. Dok sya hamil sekitar 8 minggu,td hbz mandi keluar flek warna coklat kira2 bahaya ga dok mkch

  32. Siang dok, saat ini sy hamil 8w dan juga kluar bercak coklat byk 2hari ini. Perut sy jg sakit sekalii dok. Kmrin periksa dikasih resep obat preabor, tapi ssdh minum malah perut sy makin sakit dok. Mohon penjlasannya dok. Terima kasih.

  33. Saya mau tanya, saat ini saya sedang hamil 5minggu dari tiga hari lalu sampe sekarang saya sering mengeluarkan flek coklat, apakah itu bertanda keguguran apa tidak..?? Mohon dibantu. Trimakasih

  34. Kmaren sya priksa trus hasilnya positif tp knpa ya udh 4 hr ini masih mengeluarkan flek darah coklat..terus keluar flek darah coklat bahaya ga yah ??

    • Maaf bun saya hamil 7 minggu dan udah 2hari ini kluar flek coklat dan kdang sama cairan putih,, itu apa tanda keguguran ya bun,,,

  35. Saya juga hamil 7 minggu barusan saya kluar bercak darah sedikit,,, tp itu ga sering 1minggu 1x aja itu gmn ya dok bahaya tidak

  36. 5hari trakhr ini saya mengalami keluar bercak kcoklatan sa.at hamil muda sekarang ini, apakah ini bahaya buat kandungan saya

  37. Aku sedang hamil 8minggu..tapi kluar flek darah merah skrang sudah 5d kmrin di usg usianya 5mnggu prtumbuhan janin tidak sesuai..aku diksih obat pnguat sma dokter nya..ktanya ancaman keguguran..kira” kandungan saya msh bsa sehat gak yah?

    • Slam knal dok
      Dok sya hamil 3 Bulan tpi sya kluat flek dan darah merah muda.udah dua minggu dok apa janin masih bisa di selamatkan ya dok.udah ke dokter di kasih obat penguat kandungan.apa yg harus di lakukan supaya flek atau darah berhenti dok

    • Doc,saya hamil 9mggu dan 3mggu terakhir ini keluar flek hampir setiap hari tapi saya tidak merasakan kram atau gatal d’misV,apakah berbahaya doc?
      Tolong penjelasannya,terimakasih.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>