Jan 092017
 
Facebooktwittergoogle_plusmail
Siklus Normal Masa Menstruasi / Haid Wanita yang Teratur, sebaiknya kita ketahui, paling tidak secara garis besar.
.
haid / Menstruasi pada wanita adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang terjadi terus menerus setiap bulannya disebut sebagai siklus menstruasi. menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga wanita menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 – 55 tahun).
.
siklus haid menstruasi wanita yang normal berlangsung selama 3 – 7 hari,, tetapi antara 2 sampai 8 hari masih dapat dianggap normal
.
 Panjang siklus haid menstruasi wanita dihitung dari hari pertama periode menstruasi – hari dimana pendarahan dimulai disebut sebagai hari pertama yang kemudian dihitung sampai dengan hari terakhir – yaitu 1 hari sebelum perdarahan menstruasi bulan berikutnya dimulai.
hampir 90% wanita memiliki siklus haid 25 – 35 hari dan hanya 10-15% yang memiliki panjang siklus haid 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur. pada beberapa literatur dikatakan variasi siklus haid ini bisa juga mencapai 15-45 hari.
.
Rata-rata banyaknya darah yang hilang pada wanita normal selama satu periode siklus haid menstruasi telah ditentukan oleh beberapa kelompok peneliti, yaitu 25-60 ml. Konsentrasi Hb normal 14 gr per dl dan kandungan besi Hb 3,4 mg per g, volume darah ini mengandung 12-29 mg besi dan menggambarkan kehilangan darah yang sama dengan 0,4 sampai 1,0 mg besi untuk setiap hari siklus haid tersebut atau 150 sampai 400 mg per tahun (Cunningham, 1995).
.
Pada permulaan siklus haid menstruasi wanita, sebuah kelenjar didalam otak melepaskan hormon yang disebut Follicle Stimulating Hormone (FSH) kedalam aliran darah sehingga membuat sel-sel telur tersebut tumbuh didalam ovarium. Salah satu atau beberapa sel telur kemudian tumbuh lebih cepat daripada sel telur lainnya dan menjadi dominant hingga kemudian mulai memproduksi hormon yang disebut estrogen yang dilepaskan kedalam aliran darah. Hormone estrogen wanita bekerjasama dengan hormone FSH membantu sel telur yang dominan tersebut tumbuh dan kemudian memberi signal kepada rahim agar mempersiapkan diri untuk menerima sel telur tersebut. Hormone estrogen wanita tersebut juga menghasilkan lendir yang lebih banyak di vagina untuk membantu kelangsungan hidup sperma setelah berhubungan intim.
Ketika sel telur wanita  telah matang, sebuah hormon dilepaskan dari dalam otak yang disebut dengan Luteinizing Hormone (LH). Hormone ini dilepas dalam jumlah banyak dan memicu terjadinya pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam ovarium menuju tuba falopi. Jika pada saat ini, sperma yang sehat masuk kedalam tuba falopi tersebut, maka sel telur tersebut memiliki kesempatan yang besar untuk dibuahi.
.
Sel telur yang telah dibuahi memerlukan beberapa hari untuk berjalan menuju tuba falopi, mencapai rahim dan pada akhirnya “menanamkan diri” didalam rahim. Kemudian, sel telur tersebut akan membelah diri dan memproduksi hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) Hormone tersebut membantu pertumbuhan embrio didalam rahim.
.
Jika sel telur yang telah dilepaskan tersebut tidak dibuahi, maka endometrium akan meluruh dan terjadinya proses menstruasi berikutnya.
.
Seorang wanita memiliki 2 ovarium(sel Indung Telur) dimana masing-masing menyimpan sekitar 200,000 hingga 400,000 telur yang belum matang/folikel (follicles). Normalnya, hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh setiap periode menstruasi dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya, ketika sel telur tersebut telah matang maka sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk kemudian dibuahi. Proses pelepasan ini disebut dengan “OVULASI”
.
Fase-fase dalam siklus haid menstruasi wanita yang normal
.
Setiap satu siklus menstruasi terdapat 4 fase perubahan yang terjadi dalam uterus. Fase-fase ini merupakan hasil kerjasama yang sangat terkoordinasi antara hipofisis anterior, ovarium, dan uterus. Fase-fase tersebut adalah :
.
a) Fase menstruasi atau deskuamasi
.
Fase ini, endometrium terlepas dari dinding uterus dengan disertai pendarahan dan lapisan yang masih utuh hanya stratum basale. Fase ini berlangsung selama 3-4 hari.
.
b) Fase pasca menstruasi atau fase regenerasi
.
Fase ini, terjadi penyembuhan luka akibat lepasnya endometrium. Kondisi ini mulai sejak fase menstruasi terjadi dan berlangsung selama ± 4 hari.
.
c) Fase intermenstum atau fase proliferasi haid
.
Setelah luka sembuh, akan terjadi penebalan pada endometrium ± 3,5 mm. Fase ini berlangsung dari hari ke-5 sampai hari ke-14 dari siklus haid menstruasi.
.
Fase proliferasi haid dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :
.
o Fase proliferasi haid dini, terjadi pada hari ke-4 sampai hari ke-7. Fase ini dapat dikenali dari epitel permukaan yang tipis dan adanya regenerasi epitel.
.
o Fase proliferasi haid madya, terjadi pada hari ke-8 sampai hari ke-10. Fase ini merupakan bentuk transisi dan dapat dikenali dari epitel permukaan yang berbentuk torak yang tinggi.
.
o Fase proliferasi haid akhir, berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-14. Fase ini dapat dikenali dari permukaan yang tidak rata dan dijumpai banyaknya mitosis.
.
d) Fase pra menstruasi atau fase sekresi haid
.
Fase ini berlangsung dari hari ke-14 sampai ke-28. Fase ini endometrium kira-kira tetap tebalnya, tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang berkelok-kelok dan mengeluarkan getah yang makin lama makin nyata. Bagian dalam sel endometrium terdapat glikogen dan kapur yang diperlukan sebagai bahan makanan untuk telur yang dibuahi.
.
Fase sekresi dibagi dalam 2 tahap, yaitu :
.
o Fase sekresi dini, pada fase ini endometrium lebih tipis dari fase sebelumnya karena kehilangan cairan.
.
o Fase sekresi lanjut, pada fase ini kelenjar dalam endometrium berkembang dan menjadi lebih berkelok-kelok dan sekresi mulai mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak. Akhir masa ini, stroma endometrium berubah kearah sel-sel; desidua, terutama yang ada di seputar pembuluh-pembuluh arterial. Keadaan ini memudahkan terjadinya nidasi
.
demikian sekilas Siklus Normal Masa Menstruasi / Haid Wanita yang Teratur
.
(Visited 92,674 times, 89 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusmail

  135 Responses to “Siklus Haid / Menstruasi Wanita yang Normal Teratur”

  1. Semoga bermanfaat, dan sering2 mampir liat artikel baru ya…hehe…

  2. blogspot dan artikel yang dicari-cari… banyak hal yang samar-samar jadi lebih tahu…thanks

  3. siklus haid sy 41 hr. tanpa rasa sakit. kdag mlah gak sdr, eh trnyta udh datg.normalkah?
    and., udah 1 thn 2 bln menikah. wkt umur pernkhan 10 bln sempat hamil tp keguguran, mpe skrg blm hamil jg. kasih masukan ya..,
    tengkyuu…

  4. Tentang Kehamilan, Mungkin ada Baiknya mbak Periksa USG untuk mengetahui kondisi Organ Kandungan..
    Tentang Haidnya, kalau boleh tahu usia mbak berapa kah?

  5. siklus haid sy 30 hr. tanpa rasa sakit. kdag mlah gak sdr, eh trnyta udh datg.Sudah beberapa bulan ini menstruasi sy berlangsung 1 hari keluar darah dan hari ke dua cuma keluar kecoklatan smp hari ke empat. normalkah???
    tengkyu…..

  6. bisa dianggap berlangsung 4 hari mbak itu, dan masih dalam batas normal.

  7. Salam Kenal Bu Dokter… Artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    sy ibu rumah tangga menikah sudah berjalan 11 bulan (skrg sy genap berusia 30 th), blm pernah +hamil (saat telat,cm periksa pakai Test Pack). Biasanya sblm nikah haid sy teratur yaitu siklus 28 hr lama haid 7-8 hr,normal tanpa nyeri haid. Namun sampai skrg haid sy malah sering lama keluarnya max 15 hr tanpa nyeri. Terakhir konsul ke dr kandungan akhir Desember th lalu, dr bilang sdg perubahan hormon dan haid tdk teratur perlu diberi pil KB tp tdk sy minum. Nah, bln ini haid sy sdh 24 hr blm jg berhenti tanpa nyeri dan beberapa kali keluar gumpalan darah beku. Sy rencananya mau USG setelah haid ini selesai. Mohon pencerahannya ya Bu…Terima kasih sebelumnya.

  8. terima kasih tanggapannya , kami mendukung untuk dilakukan USG, karena paling tidak kita bisa mengetahui kondisi kandungan dan indung telur, sebagai masukan, kami sarankan tidak usah menunggu haid selesai, paling ideal pemeriksaan USG sebenarnya hari ke 3 haid, atau hari ke 12…
    semoga bermanfaat

  9. Mau tanya donk, kalau bulan lalu haid di tanggal 7, dan bulan ini sudah tgl. 12, apakah hal tsb normal? Berapa hari maksimal haid yg seharusnya, apakah lebih dr itu ada kemungkinan hamil? Mohon penjelasannya, trims

  10. terima kasih pertanyannya, maksimal siklus haid seorang wanita bisa bervariatif kok, bisa sampai 15-45 hari, kalau dengan kondisi diatas, rasanya masih normal, kan mundurnya masih sekitar seminggu berarti ya…

  11. Mua tanya nih 🙂
    1. haid yg normal pacsa dikuret itu seperti apa y?apakah dikatakn normal ktka haidnya langusng darah merah & keluar drh flek kecokltn stlh 3hr selesai haid (haid normal 7hr sprti biasa)
    2. kapan boleh lg berhbngn pasca dikuret?
    3. tanda atau ciri2 rahim sehat pasca dikuret & siap untuk hamil lg?
    trimakasih banyak 🙂

    (Adnil 24 tahun,ibu rumah tangga)

  12. terima kasih pertanyannya..
    1.dikatakan normal jika memang seperti itu kondisinya sebelum dikuret
    2. dianjurkan berhubungan setelah kondisi psikologis istri dan kondisi fisik sudah pulih, biasanya sekitar 2 bulan setelah kuret
    3. untuk hamil lagi beberapa literatur menganjurkan antara 3-6 bulan setelah kuret selesai..

    semoga bermanfaat..

  13. mw tanya donk…sy menikah 3 bulan lalu,pengen bgt cepet hamil,bulan ni saya haid dateng lebih awal 3 hari,tpi lama haid hanya 3 hari..ap itu normal?selama haid saya tetap minum susu merencanakan kehamilan,ga apa2 kan?
    trus..kapan lg sy harus melakukan hubungan dengan suami agar cepat hamil..makasih..

  14. terima kasih pertanyaannya, masih termasuk normal haid mbak tersebut — boleh terus dikonsumsi, baik — untuh hubungan suami istri, paling ideal dilakukan seminggu 2x dan disekitar masa subur, boleh sambil dicek MASA SUBUR mbak —> http://kehamilan-kewanitaan.blogspot.com/2011/11/mengetahui-masa-subur.html

  15. hmm dengan keluhan flek dan terkadang keputihan, memang salah satunya adalah dari faktor psikologis — idealnya kita cari beban psikologis tersebut dan kita atasi, sehingga bisa kembali normal mensnya— untuk obat2an biasanya diberikan kalau keluhan flek menstruasi tersebut dengan jumlah banyak dan tidak teratur — untuk mengetahui tentang haid yang flek flek, bisa dilihat/diklik di artikel SebelahSini

  16. Dokter saya mau tanya lagi & terimakasih sebelumnya jawaban dari pertanyaan saya.
    Dokter saya Adnil baru sekitar 2 minggu lalu saya haid tapi mengapa selalu datang tiba-tiba flek atau seperti keputihan berbentuk lendir kecoklatan sedikit darah coklat apakah memang seperti itu? dan ketika flek psikologis saya suka merasa sedih dan langsung menangis kadang-kadang suami saya suka bingung dan ikut merasa sedih juga,saya bingung apa yang harus saya lakukan?

  17. mo nanya nih…
    sya sllu mngalami keterlambatan haid 9 hri / bulannya. trus kira2 berapa harikah siklus haid sya, belum bisa ngitung…

  18. aslmkm dok,mau bertanya,kalau haidnya tidak teratur kadang 2 bulan bagimana cara mengetahui masa subur

  19. sekitar 39 hari berarti mbak siklusnya

  20. bisa dilihat dari tanda tanda lain mbak

  21. bu dokter bulan lalu saya haid tanggal 7, tapi sekarang tanggal 8 belum juga haid, payudara sakit sekali. Apa itu tanda hamil? Terakhir saya berhubungan intim tanggal 6 dan saya mengeluarkan darah segar sedikit sekali.

  22. hmm bisa sambil dicoba tes kencing dulu ya

  23. dok, klo haid tgl 7 dan tgl 8 blm juga haid, itu berarti dihitung telat 1 hari atau lebih? Tes pack yg bisa dipakai pada siang hari itu akurat ga?

  24. Saya haid selama 14 hari tanpa skit perut hanya saja terasa lemas dan nafsu makan berlebihan,14 hari kmudian sdh haid lg.. Usia saya 21 thun dan ktika haid tekanan darah saya turun.. Bsa d blang anemia.. Normalkah itu..

  25. kurang normal mbak, sebaiknya diperiksakan ya

  26. mbak, saya telat haid selama 1 minggu. cek ke dokter katanya negatif dan saya sedang dalam dalam tahap sekresi. maksudnya apa ya mbak? tapi saya disuruh kontrol 2 minggu lagi.apakah ini berarti masih ada peluang bahwa saya hamil? karena saya tidak punya sejarah telat mens

  27. maksudnya kalau tahap sekresi berarti haid mbak, bukan suatu kehamilan

  28. mau nanya dok..
    biasanya siklus haid sya teratur 30 hri..
    tp skrg sdh terlambat 18 hari,tp payudara sya tersa sperti PMS .sya belum menikh..apakah itu mash normal atau ada kelainn..tolong d jawab ya

  29. masih wajar mbak, biasanya karena pengaruh hormon..

  30. kalau setelah melahirkan sempat memakai kontrasepsi hormonoal (suntik) kadangbisa terjadi hal seperti tersebut mbak

  31. makasi buat infonya skitar menstruasi . mau nanya ni. aku mlahirkn 17 nov 2012, dan aku menstruasi tgl 27 januari sampe hari ini blm berhenti.apakah normal bagi ibu sehabis mlahirkan. tolong jawab y.

  32. Saya mau tanya, sejak pertama saya haid, siklus saya 25 hari… Tapi semenjak beberapa tahun belakangan ini siklusnya jadi 30 hari… Hmmm kenapa ya siklus bisa berubah-ubah? Apa faktor yang mempengaruhi?

  33. kalau 30 hari,masih wajar kok — faktor yang mempengaruhi, mulai stres, kecapekan, berat badan, dsb…

  34. MLAM DOK…
    SALAM KENAL…SAYA MAU TANYA MASLAH MENTURASI SAYA.
    KADANG SAYA MENTURASI PALING LAMA 4 HARI DAN TELAT SELAMA SEBULAN.
    PAKAH ITU TANDA MENTRURASI NORMAL ATAU TIDAK NORMAL????
    MOHON DIJAWAB Y DOK…TRIMAKASIH.

  35. malam juga — kalau setelah telat sebulan, tes kencing masih negatif, haid tersebut masih dalam batas normal mbak

  36. Siang dok,,saya entruasi sdah 18 hari belum selesai,padahal saya sdh dari dr.spsislis waktu msih 12 hari mns,sudah di usg ktanya kndunganya bagus g da pentakit apa2 n jga dikasi obat,tapi sampe sekrg sdh 18 hari mens sy k belum berhenti knp y do

  37. hmm bisa saja hal tersebut karena sedang terjadi ketidakseimbangan hormon, dari beliau dikatakan bagaimana kah…?

  38. permisi dok, saya mau nanya. umur saya 15 tahun dan menstruasi (darah) saya biasa 5-6 hari, tapi kecoklatan bkas mentruasinya itu lama banget hampir sebulan. itu normal gak dok? dimohon jawabannya, terimakasih

  39. kalau sampai hampir sebulan, sebaiknya coba diperiksakan ke dokter kandungan ya mbak

  40. Dok, saya mau tanya..tgl 24april kemarin saya keguguran, dan kira2 saya bisa menstruasi lg kapan ya? Fase menstruasi saya sebelum hamil itu tgl 2maret, sekitar 28hari, mohon ya dok dijawab, saya takut rahim saya kenapa2

  41. hmm saat itu dikuret kah? kalau iya, biasanya 1-2 bulan sudah pulih mbak haidnya

  42. Slamat sore dok…sy ika
    Mw nanya neeh..!!! 2 minggu kemarin sy haid. Kemudian 3 hri berikutnya keluar flek. Lalu payu darah sy terasa sakit. Kadang terasa mual,kecapean,perut terasa kembung,sakit kepala.tp blum prnah melakukan hubungan intim
    Apakah itu tanda kehamilan…?
    Mohon jawabannya dok.
    Terima kasih.

  43. hmm kalau belum pernah berhubungan intim, mestinya bukan tanda kehamilan mbak, …
    kemungkinan besar keluhan tersebut karena pengaruh hormonal ya

  44. slamat siang dok,sya mnikah blan oktober thun lalu.stelah nikah sya lngsung telat 2 bulan,stelah k dkter trxata sy gangguan hormon & d ksih obat.blan januari sya haid 2 kali.tgl 7 januari-12 januari,yg kedua tgl 21-25 januari.stelah itu sya telat lgi slama 2 blan,sya haid tgl 6 april.
    Skarang sya telat lgi 2 blan,lalu sjak tgl 23 kmarin sya flek smpai hri ini.
    Yg mw sya taxakan apakah sya msih mngalami gangguan hormon?
    Sbelum nikah siklus sya nrmal 30 hari,stelah nikah jdi telat trus.

  45. boleh coba dilakukan tes kencing kehamilan dulu mbak untuk yang sekarang ini, sekedar memastikan…

  46. tergantung penyebab gangguan hormon tersebut,kalau misalkan psikis, mungkin tidak sampai berbulan bulan…

    btw saat ke dokter tersebut, sudah menjalani USG Kandungan juga ya…?

  47. sdah dok,hsil xa negatif.n sya sdh haid,jdi siklus sya skarang 78 hari.apa gangguan hormon tdak bsa langsung sembuh ya dok?hrus proses brbulan2 dlu?

  48. iya sdh d usg wktu itu,tpi gak d bilank pxebab gangguan hrmon xa.
    Aq mikir xa mungkin gak coz brat bdan yg brtambah trlalu drastis?
    Coz stelah nikah brat bdan q naik 12kg.

  49. hmm bisa jadi mbak, salah satu yang mempengaruhi siklus haid memang adalah berat badan yang ideal

  50. termasuk Mundur mbak Nurul, tapi selama jarak antar mulainya siklus haid bulan ini dengan mulainya haid bulan berikutnya antara 20-40 hari,masih normal kok..

    beberapa literatur menyarankan peluang hamil lebih besar pada pasangan yang berhubungan suami istri antara 2-3 kali dalam seminggu mbak

  51. infonya oke bgd deh jadi tahu ttg siklus haid, ada yang mau saya tanyakan saya baru menikah 10bulan ini n ingin dapat momongan…., bulan kmrn saya dapat tgl 24 dan bulan juli ini saya dapat di tanggal yg sama 24 jugaa…, klo saya hitung terakhir saya dpt seharusnya saya bulan ini dpt tgl 23 juli, apakah itu normal dan klo seprti itu haidnya maju atau mundur ya dok, dan intens berhubungan baiknya seminggu 2x atau seminggu 3x dgn jarak brp hari utk ML? trima kasih…

  52. siang juga mbak ,
    bisa jadi itu haid mbak, coba kita lihat lagi bulan depan bagaimana ya…

  53. slmt siang dok
    bulan skrg sya kluar drah pda tgl 10 slama 4 hari, trus skrg tgl 25 kluar lgi..masa bersihnya hanya 11 hari…apa itu disebut haid?
    smentara darahnya tidak bau..mohon penjelasannya..mkasih

  54. Pengen tanya dok’ melakukan hubungan suami istri pada masa haid pertama’ dengan durasi haid 4 hari apa bisa hamil ?

  55. secara teori mestinya tidak memungkinkan untuk hamil, kalau toh ada kemungkinan hamil, sangat kecil kemungkinannya mbak

  56. dokter, saya 45 tahun. Sejak lima tahun lalu setiap haid perut nyeri. DOkter kandungan menyarankan suntik kb 3 bulan. Setelah itu saya pendarahan kadang sedikit kadang banyak selama dua bulan lebih. Dokter kemudian memberi saya norelut. Haid sempat berhenti 3 hari maka obat pun saya hentikan. Tapi setelah itu saya haid dengan volume yang banyak dan sebagian bergumpal disertai nyeri perut dan sedikit mual. Sampai hari ke 4 volume haid masih banyak. Apakah ini berbahaya? Terima kasih.

  57. kapan kah terakhir periksa ke dokter kandungan dan dilakukan USG…?

  58. kalau sudah diUSG dan dikatakan baik, berarti kondisi kandungannya tidak ada kelainan mbak,
    dan kemungkinan besar memang pengaruh hormonal..

    insyaAllah tidak berbahaya

  59. terakhir periksa kurang dari sebulan lalu. USG beberapa kali dilakukan dan kata dokter tidak apa-apa.

  60. Sudah USG setiap kali ke dokter kandungan. Kata dokter tidak apa-apa. Pada saat saya menulis ini -hari enam, menstruasi hanya flek sedikit tapi perut masih kram dan kembung.

  61. mungkin maksudnya 27 JULI kah?
    berarti haidnya di bulan JULI mbak….:)

  62. hmm kalau sampai mencapai 12 hari, boleh coba sekali waktu diperiksakan ya …

  63. terimakasih Dok atas infonya 😉
    boleh nanya ga Dok? Saya berusia 17 thn , bulan kemarin saya haid pada tgl sekitar 27Juni dan berakhir sekitar tgl 6atau7 Agustus . nah berarti saya mengalami haid di bulan Agustus apa Juni Dok? dan normalnya , bulan September saya haid tgl brpa Dok? mohon dibales Dok.. terimakasih 🙂

  64. dok umur saya 42 th kb suntik yang sebulan sudah hampir 5 th,menstruasi saya tiap bulannya tepat waktu tp volume darahnya cuma sedikit kadang ngak berbekas di celana,keluar darahnya bila saya kencing atau bab.bulan ini mensnya lama sekarang hari ke12 masih ada tp sempat bersih hari k 8 dan sempat berhubungan tp keesokan harinya keluar darah lagi sampe sekarang,apa ini efek dari kb atau hal lain ?mohon penjelasannya dan terimakasih.

  65. oh iya Dok maksud saya tgl 27 Juli .. Jadi bulan September ini saya haid perkiraan tgl berapa ya Dok??

  66. SAya mau tanya umur saya 22 tahun bingung karena siklus haid tidak terarur kadang 21 kadang 23 setiap bulan 2 kali dan kadang sebelum haid di dahului perdarahan yg sakit dan panas pada vaginaa saya apakah saya masih normal dokter mohon bantuaanya

  67. sore dok…
    usia saya 19 tahun dan belum menikah…
    saya mau tanya, bulan ini haid saya sudah lebih dari 10 hari dan sedikit-sedikit, di hari ke-4 msa haid, sempat gak keluar darah hampir seharian. terus besoknya keluar darah lagi sampai hari ke-9, dihari ke-10 darahnya berhenti. 3 hari kemudian keluar darah lagi agak kental warna hitam. pas pipis keluar lendir agak coklat disusul lendir agak kemerahan. apa itu masih dalam siklus haid saya n normal atau bagaimana ?
    soalnya ini pengalaman pertama saya dan sebelum-sebelumnya haid saya normal.
    sebelumnya terima kasih atas penjelasannya.

  68. hmm kalau yang sakit pada V tersebut sering terjadi, boleh sekali waktu diperiksakan ya

  69. kalau dengan data diatas,
    siklus haid mbak masih termasuk dalam batas normal kok

  70. Selamat siang dok..
    Saya sudah menikah selama 4bulan.tapi belum hamil.
    Apakah dengan berhubungan hampir setiap hari
    jadi pemicu susah hami??
    Mohon penjelasan nya dok.
    Terima kasih

  71. selamat siang juga, belum tentu mbak…
    tapi memang kalau dari beberapa literatur, frekuensi hubungan yang berpeluang besar untuk hamil, kalau dilakukan seminggu 2-3 kali..
    jadi memberi kesempatan juga untuk sperma untuk menjadi matang dulu…

  72. malem dok,,,maaf saya mau nanya,,pada tgl 12 april kmrin istri saya di kuret,,,1 mggu setelah kuret priksa ke spog di nyatakan sdah bersih dan bsa hmil lagi setelah 3 blan,,yg mau saya tanyakan pada thl 01-05 mei istri saya kluar flek kecoklatan dan pada tgl 05 mei sore keluar gumpalan darah beku dok,,setelah tu sampe pagi ga da keluar datah lagi,pada tgl 06 sore keluar gpalan darah beku lagi dok,,,apakah masiih normal itu dok n brapa lama pasca kuret kluar darah dok..trimaksih sebelumnya dok

  73. malam juga, insyaAllah masih termasuk normal, biasanya itu karena rahim sedang proses pemulihan ya….

  74. Selamat siang dok 🙂
    Saya 22 tahun, bulan ini saya datang haid 10 hari lebih cepat dari biasa ny dan darah haid ny juga keluar hanya sedikit, sekarang sudah lebih dari 10 hari. Pada hari 3 juga sempat nggak keluar darahnya seharian. Karena sedikit yang keluar saya jadi milih pakai pantyliner daripada pembalut. Kira kira itu penyebabnya apa ya dok. Soal ny saya jadi kepikiran takutnya ada masalah
    Terimakasih sebelumnya dok.

  75. Siang dok.mau tny sy prnh operasi th 2009 karena terjadi hamil anggur.usia kandungan 4 bln.smpai saat ini blm hamil lg.menurut versi dokter saluran sel telur sy sdh di potong 22 nya.karena mengalami inveksi.tp setelah sy konsul lg dgn dokter yg lain dan usg rahim sy bagus.gmn caranya biar sy bs hamil lg?sirklus haid sy jg tdk normal maju mundur.bln april sy haid tgl 1 tp di bln mei sy haid tgl 22.bln ini sy malah blm haid tp tanda2 sdh ada payudara sakit.apa sy normal atau ada masalah?sy minta solusi nya dok.makasih sebelumnya..

  76. Dok sy mau nanya,saya sudah menikah 3 tahun dan blm punya anak.gsaya pernah kb yang 1 bulan pas waktu pertama nikah ..tp sekarang udah gak lg cm sekali,dok gmana ya sy bs hamil jg,saya pengen hamil,dan apakah sy bs hamil dok? . .
    Thanks

  77. Normalkan haid cuma 3hari dong dok,
    Makasih

  78. Boleh Tanya dokter

  79. Dokter mau tanya, tlg d jwb ya? Mksh sblmnya. Sy wnt usia 37, tgl 3 juni’15 sy kuret krn keguguran. Tgl 17 darah dah berhenti. True tgl 18,23,25,26,28 sy berhub dg suami, wkt kontrol dokter bilang langsung berhub dg suami klo darah dah bersih klo mau hamil. Sblm kuret siklus haid sy teratur 23 hr sekali selama 5 hr. Hbs kuret jg tdk ada keluhan. Apa sy bisa hamil dg berhub suami pd tgl tsb?Krn sy cepet pengen hml?

  80. Dok,sy wnt usia 25th.Slma ini sy menstruasi tdk prnh teratur.Penyebab nya apa yah dok,apa ini bs mempengaruhi kehamilan,krn sy br nikah dan ingin cpt2 hamil dok. Mksh sblmnya y dok…

  81. doc…isteri hamil 1 bulan..tapi ada keluar darah beku kayak tali dan
    keputihan..apakah yang berlaku….boleh doc jelaskan…

  82. saya yulis dok saya mau naxak siklus haid saya saya haid pada tgl 25 juni trs pada tgl 19 juli saya haid lagi trs siklus haid saya ntu brp dok

  83. dok saya mau tanya saya selesai menstruasi bulan kmren tgal 13 juni tpi ini biasanya jarak menstruasi saya 20 atau 21 hari tpi skrg udah 40 hari saya blom menstruasi jugha saya jugha sering berhubungan intim trus perut saya jugha smkin hari smkin besar apakah saya sedang hamil tolong di jawab…

  84. Slamat pgi dokter saya mau tnyk sya mnikah sudah 2 blan sya sudah brhubungan intim pngen pnyk ank tpi tdi pgi sya tes urin hsilx negatif dok trus saya hrus bgaimana coz suami saya perokok mohon djwb dokter trimakasi

  85. Dok, saya mau tanya. Kemaren sy 3 bulan g haid.. Trus sekarang sy haid selama 13 hari, kluarny dkt2 dok.. Tts haid sy brenti kira2 10 harian lalu haid lg udah 12 harian jg dok blm brenti kluarny jg dkt2.. Apa it normal g dok?

  86. dok, saya seharusnya dtg bulan tanggal 31 agustus 2015.
    pada tanggal 22 agustus saya muncul flek coklat kemudian bersih lalu pada tanggal 25 agustus muncul lagi flek kemudian bersih lalu pada tanggal 28 sampai dengan hari ini (01 sept) muncul flek sedikit2 kemudian agak banyak seperti haid tapi tidak sebanyak haid. dari tanggal 22 agustus setiap sore saya mengalami mual, pusing dan meriang, kram prut datang setiap flek muncul.
    banyak yang bilang itu gejala hamil, tp saya cek pd tgl 29 agustus hasil nya negatif.
    yang mau saya tanyakan apakah itu tanda2 kehamilan atau tanda2 haid??
    sekedar info dari dulu sebelum haid saya tdk pernah muncul flek.
    Saya memang mengitung masa subur saya karna saya dan suami menginginkan segera punya momongan.

    tolong di bantu menganalisis ya dok.. thank you

  87. Terimakasih…. sangat bermanfaat…

  88. ass dok sya mau tnya bulan agustus saya mensturasi tgl22 tapi seharus’a bulan september tgl 22 py saya blan sptember ne saya mensturasi tgl 30 itu kenapa y dok terima kasih dok

  89. ass dok sya mau tnya dok bulan agustus 2015 aya mensturasi tgl 22 ko d bulan september sya mensturasi tgl 30 saya mw tnya tuh knp y dok terima kasih

  90. selamat mlm dok,saya mau tanya saya halangan kok blm slsai” smpai 20 hri,kluar darah haid cma sdkt gk sprti biasax darah wrnax merah tpi sdkt yg bnyak wrnax htm,itu knpa ea dok…bls trma ksh

  91. Selamat siang dok
    saya haid setiap bulannya maju 1 minggu.haid saya 3-4 hari sudah selesai…
    apakah itu normal dok…
    terima kasih…

  92. dok, saya menikah jalan 3 bulan. Biasanya siklus haid saya teratur. Haid dari bulan kebulan selalu tanggal 14 . Tapi bulan ini kenapa tanggal 16 ?? Apa itu normal uat orang yang bru menikah?apakah bulan dpn ada kemungkinan hamil?

  93. Dok sya mau nanya ,sya sdh menikah hampir 6 thn ,sya msh promil tp blm berhasil jg nah pd bln September kmrn rahim sya ditiup abis itu siklus nya 28 hari hbs itu bln oktober kmrn sya telat 5 hari tp hari ke 6,7,8 sya keluar flek tp keluarnya sedikit sekita 2 smpai 4 tetes cmn abis dhuhur sampai ashar aja kl mlm fleknya g keluar nah pas hr ke 8 setelah dhuhur darah yg keluar merah dan agak bnyak sekitar 2 sendok aja tp setelah itu g keluar lg bersih smpai mlm,itu knp y dokter sya jd bingung sya testpack juga – ? Mksih

  94. Pagi dok, mau tanya apakah mungkin jika setelah haid, kemudian keesokan harinya melakukan hubungan intim setiap malam dapat menyebabkan kehamilan,..
    Tolong di jawab °♧ȋȋγ̥ɑ̤̥̈̊α̇̇̇̊♧° dok

  95. Dok saya mau nanya

    keputihan saya berubah menjadi warna coklat terus ada merahnya dikit dikit terus pas saya lihat lagi cuma warna coklat terus saya lihat lagi ada warna coklat dan merahnya lagi
    apakah itu tandanya haid pertama kali ya dok
    sampai berapa hari seperti itu dok
    tapi masih normal kan dok

  96. assalamu’alaikum, saya mau nanya, saya udah tiga bulan ini haidnya tggl 29 trus, saya baru nikah udah tiga blanan lah umur 20 thn

  97. siang dok..
    saya mau tanya..umur saya 19 t dok..saya haidnya tdak tratur..kdang maju 1 minggu kadang mundur 1 minggu..nach..blan kemaren saya haidnya akhir oktober sampai awal november..trus sharusnya tanggal” ini saya sdah haid dok..tapi blum juga haid..itu knapa y dok..?
    trus akhir” ini..vagina n perut saya nyeri..tapi tdak tau sebabnya..
    mhon dijawab..terimakasiih

  98. sy haid terus tiap dtg bulan . sllu banjir. kapan berhenti nya ya dok.saya blm hamil2 jg.knp ya dok.tnda nya.dh 8 brmh tngga blm hml jg.

  99. udh 8 bln blm hamil jg. stiap dtg bln bs banjir terus. kpn brhentinya haid dok.

  100. Pak dokter mau tanya..?? Setelah qiret 2kali saya setiap bulannya pendarahan banyak sampe2 tubuh lemas.. Bagaimana cara mengatasinya dok..??

  101. Malam dok sya mau nnya umur saya kn 12 thn .. Trs sya kan blm haid .. Nah waktu saya abis buang air ko saya ngliat ke CD Saya berwarna coklat ke hitaman ya dok?? Itu knp? Apa saya haid yg pertama kalinya?? Atau bagaimana dok?? Apa ada perbedaan atau gimana??

    Tolong di jawab ya dok 🙂

  102. saya mau nanya dong,
    kan kemarin saya lagi PMS trs haris ke 6 sudah berenti dan hari ke 7 nya saya ML, eh pas hari ke 10nya keluar darah gitu, itu darah mens atau danah tanda hamil yaa?

  103. Slmat malam dok.sya lianiey dari malaysia.umur sya 18thun.saya sudah menikah 6bulan,tpy blum hamil jgk,dlu waktu blum menikah haid sya tratur,da nikah haid sya x tratur.sya kalu datng haid pling lma 5 hari . .terima kasih .m0h0n blasannya ya.

  104. Saya mau tanya dong.
    Saya nikah sudah 2 bulan tetapi selama 2 bulan itu saya haid . Apakah itu normal

  105. Dok mau tanya.. saya 27 tahun blm menikah.
    Siklus haid saya kadang 30 hari tp juga kadang kadang suka 38 hari. Apakah itu normal?
    Trus dok klo haid cuma hari pertama darah haid saya kluar banyak sekali. Sisanya sedikit sekali dok. Kadang hari ke 3 sdh tdk kluar lg tp kadang2 msh muncul sedikit di hari ke 4. Padahal dulu haid saya keluarnya banyak. Skrng sedikit. Apa itu normal dok?

  106. Selamat siang dok saya mau tanya klo sirklus haid 23 hari apakah bisa hamil dan saya normal, mohon info ada vitamin khusus tidak yg dapat saya konsumsi

  107. mau tanya, bulan lalu saya melakukan hubungan intim dengan suami saya tanggal 25 des 2015, saya haid wktu itu tanggal 13 des 2015, tp sampai sekarang saya blm haid lagi. saya sudah TP tp masil -. mohon penjelasannya dok. ty

  108. selamat sore pa dok mohon pnjlasanx apakah pada saat menunggu dtang bulan sesuai tgal haid bulan yg lalu dan melskukan hubungan dgan percikan sperma apakah bisa mnyebabkan kehamilan kah pa dok?

  109. Saya mau tanya dok..semenjak habis lahiran haid sya tidak teratur.anak saya sekarang 15bln.haid saya tuh kdang nyampe 14hr.dh brhenti seling 2hr kluar lagi tp gk bnyk cm kya ngflek gtu kdang brwrna kcoklatn kdang brwrna merah..ap itu termasuk normal?

  110. mlm dok.. sya mau tnya, sya wnita usia 21 thn, sya sllu mngalami nyeri ktika haid hri prtma, kdg jga smpai hri kdua.. rsa skitnya itu skit bgt dsertai mual2.. apa itu brbhya dok? tp haid saya sllu tratur stiap blnnya dn brlngsung 7-8 hri. Tp sya jga sllu mnglmi kputihan, apa nyeri haid sya brhubungan dgn kputihan dok..? mhon jwbnnya 🙂

  111. malem dok umur saya 14 tahun terakhir saya haid awal bulan kemaren tetapi setelah saya berhubungan intim dngam pacar saya kok sampe sekarang belum haid juga iya padahal keluarnya di luar

  112. mf dok sy wnita umur 30 th sdh mnikah 2 th blm jg hmil sy sempat periksa waktu sy haid dan kesakitan stlah periksa sy baru tau klo ad kista dan apkh sy msh bs hmil ea dok mksih

  113. Dok mu tanya klo tiap bulan haid berlangsung selama 3/4 hari itu termasuk normal gk

  114. Siang dok pengen nanya dok kau haid maju sehari juli tgl 17 agustus tanggal 18 itu termasuk normal gk ya dok

    Dok aku dah Nikah2 tahun tp sampe skarang belum jg dok apa ada kemungkinan gk q bsa hamil

  115. siang dok,
    saya mau tanya, saya menstruasi dr tgl 5 september dan skrg sudah tgl 13 september menstruasi saya belum berhenti..
    tapi menstruasi saya hanya keluar sedikit demi sedikit, tidak seperti biasanya yang hanya banyak diantara 1-3 hari..
    dan sekitar tgl 11-12 september saya merasakan pusink dan lelah sekali.. seperti lemas sekali,,
    bagaimana dengan kondisi seperti itu yah dok,,
    trima kasih

  116. Assalamualaikum dok.,umur saya baru 15 thn,tp knp klau haid itu sebulan cuma 1 hari itupun gk 1 hari ful apakah itu normal dok??

  117. Slmat mlm, dkter..
    Usia sy 23th dn blum mnikah. Sjak remaja sklus haid sy tdk tratur. Sya sudah USG 2x ktnya rahim bgus. Mlah dikasih smcam pil kb ktnya utk mnstabilkan hormon. Nmun sy hntikan krna sy sring pusing. Ktanya sklus haid sy juga dpengaruhi oleh hormon dri ibu. Mhon pnjlsanny dok.
    Sya juga sering 2-3 buln tdk haid. Apakh normal? Bgimna cra mnghitung msa subur sy spya nnt stlah mnikah bisa promil?
    Trims, dok…

  118. Assalamualaikum.
    Slmt pg, dok. Usia sya 23th & blm menikah. Sejak msih usia rmaja awal siklus mens sy tdk tratur. Kdang2 smpai 3buln g mens. Smnjak tau tdk tratur smpai skrg, sy sudah 2x USG krn tkut ada penyakit. Tp hasilny sama, rhim sya bagus. Ktnya hormon sy dpengaruhi oleh hormon ibu. Mhon pnjlsannya, dok. Lalu bgimana cra mnghitung msa subur sy? Sya tkut nnti suliy mndapat mmongan. Trima ksih dok..

  119. Selamat siang dok, saya baru nikah bru 3 minggu, setiap bulan saya normal haidNya, tp untuk bulan ini saya blm dapat haid dan sdh terlambat 3hri.apakah itu tanda hamil? Untuk saat ini tanda saya seprti perut mules, kaya badan lemas, badan saya trun 4kg. Mohon masuk kannya, dok. Trima ksih.

  120. Dok mw nanya donk aku kan haid bulan kemarin tgl 24 oktober 2016 tp kok bilan november ini tgl 14 ud haid lagi ya hari pertama memang kecoklatan dan ga banyak tapi hari kedua agak banyak dan warnanya darah agak gelap gitu kenapa ya kepala saya juga pusing dan mual

  121. Ass dok.
    Apakah ada hubungan susah hamil dengan siklus haid saya yang tidak teratur kadang 24 hari udah datang bahkan pernah 28 hari sudah datang. Saya sudah 1 tahun menikah tapi belum di kasi momongan dok.bagaimanakah cara nya dok ?

  122. Siang dok mau tanya umur saya 21 tahun belum menikah. bulan kemarin saya datang bulan tgl 26 dan bulan sekrng belum datang juga sudah tgl 28. Apakah msih dibatas normal atau bagaimana dok tapi sampai skrng gak ada tanda2 mau haid.

  123. selamat pagi dok.saya mau tanya umur saya 22 tahun .saya biasax haidx normal.tpi sekarang kenapa ya koq hari ini lbh dari 45 hari blm datang2.minta solusix dok.terimakasih

  124. asalamualaikum dok saya mau tanya terakhir haid sya tgl 30 novem trus berhubungan tpi gak di masukin sperma,y sekrng sya telat 2 minggu dok sya tes hasil,y negatif udah 2 kali syd tes jga tetep dgatif trus sya minum EM kapsul untuk melancarkan haid, sya mau periksa tpi gak ngerti coz sya lg di luar negri dok.

  125. asalamualaikum dok saya mau tanya terakhir haid sya tgl 30 novem trus berhubungan tpi gak di masukin sperma,y sekrng sya telat 2 minggu dok sya tes hasil,y negatif udah 2 kali syd tes jga tetep dgatif trus sya minum EM kapsul untuk melancarkan haid, sya mau periksa tpi gak ngerti coz sya lg di luar negri dok.

  126. siang dok saya haid 1ttp stu mnggu tlh tpi bnar dg 3 hari sya yg dras haidnyo

  127. dok saya 3 hari drasnyo hait tpi ttp smnggu tlh

  128. saya silvia mo tanya
    saya dtang bulan tanggal 23 juni berupa tetesan saja.pada tanggal 24 juninya banyak. namun pada tanggal 25 juni tidak ada darah haid yg kluar. sekitar 10 hari masa haid saya, saya malah sering
    kencing.
    apa yg terjadi pada sya??
    apakah ini termasuk gejala kehamilan?

  129. Dokter saya mau tanya. Haid saya gak normal. Skrang sdh 3 blm tdk haid. Tp cm keluar kaya keputihan coklat. Saya pernah periksa kata.y tidak seimbang hormon. Sdh berobat tp blm ada perubahan. Gimana solusinya ya Dokter.?

  130. Pagi dok… Aq punya anak 12 thun
    Bulan juni kemarin dh mulai haid smpai 1 mggu tp stlh itu smpai skrng g haid lagi. Kenapa y dok??

  131. Saya haid normal n lncar,tapi napa ya kok belum hamil masbur juga hb

  132. sudah pernah coba periksa kandungan kah

  133. boleh coba ditunggu beberapa hari lagi ya…

  134. @fierah: sudah pernah coba periksa kandungan ya…?

  135. @silvia megawati: bisa jadi, boleh coba tes kencing kehamilan ya…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>