Nov 142018
 
Facebooktwittergoogle_plusmail

Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG test), adalah dikenal juga dengan pemeriksaan uterosalpingografi, adalah pemeriksaan sinar X dengan memakai cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran telur (tuba fallopii).

Apa tujuan Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)?

Untuk mengetahui kondisi saluran telur sekaligus apakah ada sumbatan dan letaknya pada saluran telur yang bisa menyebabkan infertilitas. Pemeriksaan HSG juga bisa mengevaluasi bentuk, ukuran dan struktur rongga rahim sehingga bisa mendeteksi beberapa kelainan seperti tumor jinak di rahim yang tumbuh ke arah rongga rahim (mioma uteri jenis submukosum), polip rahim, perlengketan (adesi) dinding rahim, atau kelainan bawaan rongga rahim seperti adanya sekat pada rahim (septum). Pemeriksaan ini juga bisa mengetahui penyebab keguguran berulang.

Kapan Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dilakukan?

Sesudah haid tapi sebelum ovulasi, yaitu antara hari ke-9 sampai ke-14 siklus haid, untuk memastikan Anda tidak hamil ketika pemeriksaan ini dilakukan. Pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan ketika menstruasi, karena pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka sehingga dikhawatirkan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. HSG juga sebaiknya tidak dilakukan bila Anda mengalami infeksi di saluran reproduksi atau di daerah panggul (pelvis) yang kronis, penyakit menular seksual, serta bila Anda baru menjalani operasi rahim atau saluran telur.

Bagaimana cara Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)?

Pemeriksaan ini dilakukan di bagian radiologi seperti saat Anda melakukan foto Rontgen. Setelah mengganti baju dengan baju pemeriksaan dan melepaskan perhiasaan, Anda diminta berbaring dengan kedua paha terbuka (posisi litotomi), seperti pemeriksaan pap smear. Dokter radiologi akan memasukkan spekulum ke vagina sehingga mulut rahim terlihat, lalu kateter dimasukkan ke rongga rahim melalui mulut rahim. Cairan kontras disuntikkan ke dalam rahim melalui kateter dan spekulum dikeluarkan. Beberapa foto rontgen akan diambil ketika cairan memenuhi rahim, masuk ke dalam saluran telur hingga –bila tidak ada sumbatan– tumpah ke dalam rongga perut. Biasanya, prosedur ini berlangsung selama 30 menit. Setelah selesai, kateter dilepas dan Anda diminta tetap berbaring selama beberapa menit, lalu dipersilakan bangun dan mengganti pakaian. Anda bisa makan dan minum seperti biasa sebelum dan sesudah pemeriksaan, serta diminta buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih.

Sakitkah Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)?

Anda akan merasa tidak nyaman ketika kateter dipasang dan cairan kontras disuntikkan, bahkan merasakan kram perut seperti ketika menstruasi bila ada sumbatan di saluran telur. Anda juga bisa merasakan sakit kepala ringan dan sakit di perut bagian bawah karena iritasi di selaput perut (peritoneum). Namun, rasa sakit tersebut tidak akan berlangsung lama. Lagipula, Anda akan diberi obat penahan sakit (anti-nyeri) saat pemeriksaan dilakukan. Mungkin Anda juga diberi antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi akibat pemeriksaan ini.

Kapan hasil Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) bisa diperoleh?

Hasilnya bisa diperoleh hari itu juga. Dokter radiologi akan memberikan analisis dari pemeriksaan tersebut, lalu dokter kandungan yang menangani Anda akan menjelaskan langkah terapi apa yang perlu Anda lakukan bila ternyata ditemukan masalah yang mengganggu kesuburan Anda. bila dikatakan hasilnya kedua tuba dalam kondisi patent, berarti insyaAllah kondisi saluran telur adalah baik.

Apakah ada efek samping Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)?

Pemeriksaan ini cukup aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Memang ada risiko alergi, tapi kecil karena sebelum pemeriksaan, Anda akan menjalani skin test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda ada alergi cairan kontras yang digunakan atau tidak. Bila Anda tidak alergi cairan kontras tersebut, justru dapat menghambat pertumbuhan kuman dan meningkatkan imunitas terhadap kuman karena mengandung zat yang bersifat antiseptik. Sinar X yang digunakan juga dalam dosis yang dikontrol untuk meminimalkan paparan radiasi yang Anda terima. Anda tidak perlu khawatir bila muncul flek selama beberapa hari setelah pemeriksaan HSG. Hal itu normal terjadi.

Benarkah pasien bisa hamil setelah Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) ?

Beberapa penelitian membuktikan, pemeriksaan HSG bisa meningkatkan fertilitas pada wanita yang pernah menjalaninya, terutama pada wanita yang mengalami masalah pada saluran telurnya. Alasannya, cairan kontras yang disemprotkan ke rahim terkadang bisa membuka saluran telur yang tersumbat sehingga membantu wanita yang bersangkutan bisa hamil. Selain ‘membersihkan’ sumbatan, pemeriksaan ini juga bisa meluruskan saluran telur, menstimulasi sel silia di saluran telur atau meningkatkan cairan mukosa di leher rahim (serviks) yang kesemuanya mendukung terjadinya kehamilan.

Apakah Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) sama dengan ‘tiup rahim’?

HSG berbeda dengan pertubasi atau hidrotubasi atau yang dikenal dengan ‘tiup rahim’. Pemeriksaan pertubasi menggunakan gas CO2 yang ditiupkan ke rahim sedangkan hidrotubasi memakai cairan yang mengandung antibiotik. Penilaian pertubasi umumnya secara subjektif atau dapat juga dibuat rekaman kymograf terhadap tekanan uterus. Walau semua pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah ada sumbatan di saluran telur, namun pemeriksaan HSG memberikan hasil yang lebih akurat dan lengkap. Lewat hasil foto sinar X bisa diketahui secara pasti saluran mana yang tersumbat dan di mana letak sumbatannya. Sementara pada pertubasi atau hidrotubasi, letak sumbatan tidak bisa diketahui secara pasti –demikian pula saluran yang mana– karena hanya bisa diketahui ada sumbatan dari perubahan tekanan gas saat dimasukkan.

Berapakah Biaya Tes Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG)?

Tiap tempat tidak sama tapi kisaran biayanya adalah sekitar 700 ribu rupiah.

 

ref

(Visited 43,799 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusmail

  11 Responses to “Tes Pemeriksaan HSG, Tentang hasil, biaya, waktu, prosedur, dsb”

  1. Malam dok, saya mau tanya.
    4 tahun yang lalu saya pernah melahirkan secara sc tapi kemudian bayi saya meninggal. Setelah jarak 1 tahun saya ingin bisa hamil lagi tapi sampai sekarang tidak kunjung hamil juga berarti sudah 4, 5 tahun. Dan kemudian saya periksa ke dokter pertama tidak ada masalah dengan rahim saya dan saya periksa lagi ke dokter yang berbeda kalau ternyata rahim sya terbalik, dan sebulan kemudian dokter menyarankan saya untuk tes HSG. Mohon bantuannya dok apakah saya harus melakukan tes HSG atau tidak?

  2. Sore dok saya mau nanya.. Saya kan sdh steril, Untuk mengetahui bahwa kandungan saya di potong atau di ikat bagaimana nya y dok carany…
    Saya harus menjalanin pemeriksaan apa ya dok..
    Apa kl d USG aja apa bisa tau kl kandu gan saya di potong atau di ikat..

  3. assalamualaikum dok…mau nanya biaya hsg berapa ya? saya dapet rujukan dari rumah sakit risa lombok timur

  4. Sore dok, saya mau tanya. Klu siklus menstruasi saya 6 bulan terakhir lancar dimulai setiap tanggal 27 atau 28, bulan kmrn saya menstruasi tgl 1 dan bulan ini (Agustus) saya juga menstruasi tgl 1 kmrn, cara ngitung tanggal masa subur saya dan masa ovulasi saya gimana ya dok? Masa subur saya dr tanggal berapa sampai tanggal brp ya dok? Perhitungan saya sih tgl 12 – 16 Agustus masa subur saya, apa benar dok? Mohon bantuannya dokter, semoga bulan ini saya diberikan kepercayaan oleh Tuhan dengan hadiah Hamil. Terimakasih 😊

  5. Salam dok..
    Suami sy azoospermia,apa ada harapan sy bs hamil?dn..sy baru mlakukn usg haslny tdk d tmukn ap2 tp blm lanjut pemeriksaan yg lai..cma 6 bln terakhir haid tida lancar terkadng 2bln sekali itu pn kluarnya sdikit cma 3hr sj bahkn terkdng cm flek hitam sj.apa berarti ada gangguan d rahim sy dok?

  6. Pagi dok, saya berusia 45th apakah masih boleh hamil. Saya menikah umur 30th, 1th pernikahan aku hamil & keguguran, 1,5th kemudian aku hamil & keguguran lagi. Setelah melakukan berbagai pengobatan dr alternatif smp medis (terakhir pengobatan hidrotubasi). Karena rasa sakitnya aku menyerah utk melakukan pengobatan. Setahun kemudian aku hamil. Di usia pernikahan kami yg ke 5th 5bln lahirlah putra kami yg skrg sdh berusia 9th 8bln. Suami & anak sdh seringkali meminta anak & adik. Aku juga sdh sering mengajak suami utk berobat ke dokter tp dia tdk mau dg alasan kita sdh punya anak berarti kita tdk perlu berobat utk punya anak lagi. Karena terlalu lama tak kunjung hamil lagi akhirnya aku merasa putus asa hingga aku sering menolak suami utk HB smp akhirnya suamiku berselingkuh. Suamiku menginginkan punya anak 4. Apakah saya bisa melalukan pemeriksaan kandungan & melakukan HSG? Apakah di usiaku yg ke -45 msh boleh hamil & punya anak? Karena dg adanya anak lagi bisa menyelamatkan rumah tangga kami. Terima kasih dok.

  7. Malam dok, saya berusia 45th apakah masih boleh hamil? Saya menikah di usia 30th 1th pernikahan saya hamil tp keguguran, 1,5th kemudian saya hamil lagi tp keguguran lagi. Di usia pernikahan kami yg ke-5th 5bln lahirlah putra kami itupun setelah melakukan sgala macam pengobatan dr alternatif smp medis. Stlh kelahiran putra kami smp skrg anak kami berusia 9th 8bln kami blom juga dikaruniai anak lagi padahal saya dr menikah smp skrg tdk pernah KB dimana suami & anak sdh berulang kali meminta anak & adik, saya pribadi juga menginginkan anak. Di awal pernikahanpun suami sdh tahu kalau aku menginginkan anak paling sedikit 2 anak paling banyak 4 anak. Aku sdh sering mengajak suami utk berobat lagi ke dokter tp suami menolak dg alasan kita sdh punya anak jd utk punya anak lagi tdk perlu berobat ke dokter. Begitu lamanya anak ke-2 kami tak kunjung datang hingga aku merasa putus asa & hingga aku seringkali menolak HB dg suamiku. Sampai akhirnya suamiku berselingkuh. Saya sdh banyak membaca perihal HSG, bisakah saya mengunjungi dokter kandungan sendiri tanpa suami & melakukan HSG, krn saya pernah melakukan pengobatan medis hidrotubasi, krn sakitnya membuat aku tdk mau melakukannya lagi, kami menghentikan pengobatan itu. Tp 1th kemudian aku hamil. Apakah saya bisa melakukan pengobatan itu sendiri tanpa suami? Saya berharap sekali bisa punya anak lagi demi menyelamatkan rumah tangga kami kasihan dg putraku disamping sebetulnya aku juga msh ingin punya anak lagi bahkan kalau memungkinkan aku msh ingin punya 3 anak lagi. Terima kasih dok atas bantuannya.

  8. pagi dok.. sya mau tanya dok sya kn punya anak 1 usia 6 thn, tp sampai ckrng sya blum punya anak lg, d karenakn sblum nya sya mngikuti kb suntik slma 5 thn, gmn ya dok solusi nya agar cpt hamil sya da brhti kb hampir setahun sya pun da haid tp gak lancar trima kasih dok sebelum nya

  9. Pagi dok. Jadi gini dok saya kan udah pernah hamil dan alhamdulillah anak saya skarang berusia 6thn.. Trs skarang saya kpengen puny anak lg, tp krn dulu sempat kb suntik yg 3bln skali slama 2thn, siklus haid saya jd g lancar,malah g haid sm skali.. Berat badan pun mlh smakin bertambah, skr udh 75kg,tinggi badan saya 160.. Solusinya gimana y dok, terima kasih sebelumnya.

  10. pagi dok. jika salah satu tuba tidak paten apa masih bisa hamil

  11. pagi dok. saya mau tanya jika salah satu ada tidak paten apa bisa hamil

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>